Monday, June 23, 2008

Membeli rumah bekas merupakan salah satu pilihan bagi calon pemilik rumah, disamping membeli rumah baru dari developer. Beberapa pertimbangan yang menjadi dasar peminat rumah bekas adalah sebagai berikut :

1. Harga yang dapat ditawar bahkan miring.
Proses jual beli rumah bekas biasanya merupakan kesepakatan antara penjual dan pembeli. Sehingga pada kondisi tertentu anda dapat menekan harga rumah, misalkan pemilik rumah dalam keadaan butuh uang. Tak jarang pemilik rumah justru "mengejar" calon pembeli.

2. Bangunan telah berdiri.
Pada rumah seken bentuk dan kualitas fisik sudah dapat diketahui(jika Anda awam mengenai pengetahuan kualitas bangunan, Anda tetap bisa mengajak seseorang yang ahli untuk menilai kualitas bangunan tersebut). Beda dengan membeli rumah baru dari developer yang kadang hanya dapat menunjukkan rencana denah rumah, gambar, atau maket, saat anda membeli rumah.

3. Lingkungan sosial telah terbentuk.
Anda sudah langsung memiliki tetangga ketika membeli rumah seken. Toko, warung, atau tempat berbelanja kemungkinan besar sudah tersedia. Bandingkan dengan perumahan baru yang masih sepi penghuni....

4. Rumah dapat langsung ditempati.
Setelah akad jual beli dilaksanan, anda bisa langsung menempati rumah tersebuty. Untuk rumah baru dari developer biasanya Anda harus menunggu minimal 6 bulan.

Tertarik membeli rumah seken? Tunggu tip-tip membeli rumah pada postingan yang akan datang.

0 comments:

Real Estate Journal